Saturday, June 15, 2013

Syarat Untuk Jadi Pendonor Darah Sehat

Donor darah adalah hal yang sangat mulia, sebab dengan menyumbangkan darah yang Anda miliki, berarti ada kemungkinan nyawa orang lain bisa diselamatkan. Setetes darah pun bisa sangat berharga sebab ada ribuan pasien kritis yang hanya bisa diselamatkan dengan melakukan transfusi darah.
Syarat Untuk Jadi Pendonor Darah
Syarat Untuk Jadi Pendonor Darah

Namun, tentu tak semua orang dapat menjadi pendonor darah. Ada syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi bila ingin menyumbangkan darah bagi PMI.


Hb normal
Kadar Hb atau kadar haemoglobin (sel darah merah) yang Anda miliki harus dalam kondisi normal. Tidak boleh lebih dari 17% atau kurang dari 12,5%. Sebelum melakukan donor darah biasanya seseorang akan diperiksa terlebih dahulu kadar Hb nya, untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan atau beresiko terhadap kesehatan si pendonor sendiri.

Untuk menurunkan kadar Hb yang tinggi, maka sebaiknya Anda banyak mengonsumsi air putih, kurangi makan daging dan sayuran dengan zat besi tinggi.

Tekanan darah normal
Tensi atau tekanan darah pun harus normal, tidak boleh terlalu rendah atau terlalu tinggi. Bila terlalu rendah maka dikhawatirkan kondisi kesehatan si pendonor akan tidak stabil. Bisa menjadi pusing bahkan pingsan.

Tidak mengidap penyakit menular
Keuntungan dari menjadi pendonor darah adalah, sebelumnya akan diadakan tes kesehatan secara gratis. Dari sini akan terlihat apakah Anda mengidap penyakit menular atau tidak. Beberapa penyakit seperti HIV dan hepatitis dapat ditularkan melalui darah.

Bila Anda mengidap penyakit menular maka tidak akan bisa menjadi pendonor darah walau Anda sangat menginginkannya. Mengapa? Sebab penyakit tersebut bisa menular ke orang yang menerima darah Anda.

Artikel Terkait Lainnya

Unknown Posted by: Intan Sahila Real4download, Updated at: 6:08 PM

0 komentar:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►