Thursday, May 30, 2013

Manfaat Minum Kopi Untuk Kesehatan

minum kopi
Manfaat Minum Kopi Untuk Kesehatan
Satu lagi alasan minum kopi itu menyehatkan. Studi terbaru mengungkapkan, minum kopi secara teratur bermanfaat untuk menurunkan risiko terjadinya penyakit yang menyerang liver (hati). Kopi dikaitkan dengan risiko penyakit hati yang lebih rendah. Demikian hasil studi dari Mayo Clinic yang dikutip She Knows.

Dalam studi ini diikuti oleh tiga kelompok relawan yang terdiri dari pasien dengan keluhan primary sclerosing cholangitis (PSC), primary billiary cirrhosis (PCB), dan pasien sehat tanpa keluhan sakit liver. Masing-masing kelompok diminta untuk mengonsumsi kopi dalam jangka waktu tertentu.

Hasilnya, kopi berpengaruh pada pasien yang mengalami masalah PSC. Risiko penyakit PSC cenderung menurun. Namun, berkebalikan dari itu, kopi tidak memiliki pengaruh pada pasien yang menderita PBC.

PBC adalah penyakit hati yang disebabkan oleh autoimun. Sistem kekebalan tubuh justru menyerang pemiliknya dengan jalan menghancurkan saluran empedu kecil di liver. Di sini terjadi penumpukan toksin dan terjadi sirosis.

Sementara PSC yaitu penyakit langka yang menyebabkan kerusakan empedu,  dan menyebabkan pembengkakan dan obstruktif di dalam atau di luar organ liver. Penyakit ini yang tidak segera diobati dapat berakibat pada terjadinya sirosis, gagal liver, hingga kanker empedu. Pada tingkat parah, mungkin perlu transplantasi organ untuk penyembuhan.

Sementara itu, menurut studi yang dilakukan St. Louis University Liver Center, tiap 10 orang di AS ada yang menderita penyakit liver dan empedu. Yang perlu diwaspadai, 50 persen di antaranya tidak menunjukkan gejala.

Artikel Terkait Lainnya

Unknown Posted by: Intan Sahila Real4download, Updated at: 7:38 AM

0 komentar:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►